Cara Ampuh Proteksi Data

Dengan terus berkembangnya teknologi, keamanan data merupakan suatu hal yang sangat rizkan, dan rawan terhadap tindak kejahatan mulai dari pengambilan data secara ilegal, pemodifikasian data secara ilegal, perusakan data,dll. Itu bisa terjadi dengan berbagai motif mulai dari politik, bisnis, dan kegiatan yang hanya bertujuan untuk merusak data kita.

Oleh karena itu, hendaklah kita sadar bahwa sekecil apapun atau bagaimanapun tidak pentingnya data kita, data itu tetap bisa digunakan oleh para kriminal di dunia maya. Untuk itu, kita perlu mengamankan data kita. Ada berbagai cara untuk mengamankan data kita, mulai perlindung dengan hardware (yang biaya mungkin ckup mahal ) dan bisa menggunakan pengamanan dengan software.

Pengamanan data dengan software , bisa dilakukan dengan metode enkripsi data, dimana data-data kita akan disusun dalam bentuk baru, sehingga orang lain tidak bisa mengakses data kita, kecuali kita sendiri yang membukanya. Dan pengamanan dengan software merupakan metode yang mungkin bisa dibilang paling murah, karena banyak software-software gratis untuk mengaankan data kita. Dalam hal ini, software yang mungkin cukup ampuh untuk mengamankan data adalah Trucrypt.

Trucrypt

TrueCrypt adalah sebuah software gratis dan open source yang dapat melindungi data rahasia Anda  dengan cara melakukan enkripsi data pada file, partisi, hardisk atau USB Flashdisk Anda. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 7, Windows Vista, Windows XP, Mac OS X dan Linux.

Setelah aplikasi ini diinstall, pertama kali kita harus membuat sebuah TrueCrypt Volume yang nantinya digunakan sebagai wadah tempat peyimpanan data.  TrueCrypt Volume  bisa disimpan pada sebuah file (file yang berisi volume ini biasa disebut kontainer), partisi atau hardisk secara keseluruhan. Setelah Volume berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya kita harus me-Mount Volume tersebut menjadi sebuah Virtual Drive. Pada Drive inilah nantinya kita akan bekerja, meyimpan, membaca atau mengedit data-data rahasia kita. Setelah selesai bekerja maka kita harus men-Dismount Virtual Drive tersebut, sehingga orang lain tidak bisa mengakses data-data kita.

Untuk lebih jelasnya, berikut langlah-langkah mengamankan data pada komputer menggunakan aplikasi TrueCrypt, dalam contoh ini saya akan menyimpan data rahasia pada sebuah file bernama PRIVATE yang saya simpan di C:DATAKU.

INSTAL TRUECRYPT

Windows

Cara install truecrypt untuk windows  cukup mudah seperti instal software biasa.

Linux

Cara install trucrypt di linux

  1. Downloads aplikasi trucrypt versi linux di http://www.truecrypt.org/downloads
  2. Ekstrak file archive truecrypt.tar.gz pada direktori yang diinginkan.
  3. Rename truecrypt-7.0a-setup-x86 menjadi truecrypt-7.0a-setup-x86.run
  4. buka terminal (ctrl+t)
  5. ketik sudo su
  6. ketik cd dilanjutkan posisi direktori tempat file truecrypt-7.0a-setup-x86.run berada. Misal: root@sun_boy:#cd /home/sun_boy/Downloads/
  7. ubah permisi akses file truecrypt-7.0a-setup-x86.run  menjadi excute dg perintah : root@sun_boy:home/sun_boy/Downloads#chmod +x truecrypt-7.0a-setup-x86.run
  8. setelah berhasil, selanjutnya ikuti perintah berikut root@sun_boy:home/sun_boy/Downloads#./truecrypt-7.0a-setup-x86.run
  9. jika instalasi berhasil, maka tidak akan ada pesan error

TUTORIAL PENGGUNAAN

*untuk tutorial penggunaan software ini, silahkan kunjungi :

http://www.truecrypt.org/docs/tutorial