Terungkap, Jejaring Sosial Pengaruhi Populasi

Headline

Foto: Istimewa

Oleh: Billy A. Banggawan
Teknologi – Selasa, 1 Maret 2011 | 07:11 WIB

INILAH.COM, Suva – Jejaring sosial memiliki pengaruh pada populasi manusia, bisnis rumah dan organisasi. Hal tersebut kini mulai mencari cara memaksimalkannya, seperti di Fiji. Seperti apa?

Studi terbaru bernama ‘What’s on Network’ dilakukan di barat kota Nadi, Fij. Studi ini khusus mempelajari jejaring sosial dan dampak iklan pada cara jejaring sosial mengubah pola pikir warga Fiji melalui Facebook, Twitter, Yahoo, YouTube, dan Skype.

Berdasarkan temuan studi, Direktur Studi Ian Collingwood mengungkap, penggunaan jejaring sosial sedang tumbuh pada tingkat yang sangat signifikan di Fiji. Alhasil, informasi bisa sangat cepat tersebar.

Berkat studi itu, Collingwood mengungkap temuannya menunjukkan jumlah pengguna Facebook di Fiji saat ini telah mencapai 110 ribu akun dengan pertumbuhan tahunan di 2011 mencapai 75%.

Survei stasiun Radio Fiji Village menunjukkan, segmen dominan pengguna media sosial adalah mereka yang berusia 18-44. Pengguna ini mewakili 80% keseluruhan pengguna semua jejaring sosial.

Sementara itu, pertumbuhan tercepat pada segmen usia 45-55. Di Fiji, 49% pengguna Facebook adalah pria, sementara sisanya 51% adalah wanita. Collingwood mengatakan, rata-rata orang menghabiskan 56 menit untuk Facebook.

Menariknya, mereka yang mengakses melalui perangkat mobile menghabiskan 84 menit per hari untuk Facebook dan media sosial lainnya. [mor]