Program Kendaraan Elektrik AS Ambisius

Headline

Foto: Istimewa

Oleh: Billy A. Banggawan
Teknologi – Kamis, 10 Februari 2011 | 12:00 WIB

INILAH.COM, Washington – Meski tujuan mengoperasikan satu juta kendaraan elektrik (KE) di jalan Amerika Serikat (AS) sebelum 2015 termasuk ambisius, negara ini optimistis hal ini bisa dicapai.

Selama State of the Union Januari lalu, Presiden AS Barack Obama mengatakan dengan menggunakan insentif yang tepat, ekonomi AS bisa bergerak dari minyak menjadi negara pertama dunia yang memiliki satu juta KE di jalan sebelum 2015.

Washington ingin memperkenalkan ukuran yang akan memberi rabat pada konsumen dengan menyediakan investasi dalam teknologi inovatif dan hadiah untuk kelompok yang berinvestasi dalam infrastruktur KE.

Kementerian Sumber Daya AS mengatakan, kredit pajak dan dukungan untuk riset dan pengembangan akan membuat visi Obama membuahkan hasil.

Asisten menteri hubungan internasioanl David Sandalow di Kementerian Sumber Daya mengatakan, target 2015 merupakan komponen utama strategi yang dibutuhkan guna mengurangi ketergantungan AS pada minyak asing.

“Ini merupakan perlombaan yang bisa dimenangkan AS, jika kami bisa menjawab rencana presiden untuk berinovasi, membangun dan bersaing dengan seluruh dunia,” katanya. [vin]